Pages

Sunday, December 23, 2018

Israel Turut Berduka Bagi Korban Tsunami Selat Sunda

Jakarta, CNN Indonesia -- Kementerian Luar Negeri Israel menyampaikan simpati dan duka cita bagi korban tsunami, yang terjadi di Selat Sunda pada Sabtu (22/12) malam. Mereka berharap masa krisis cepat berlalu dan bangsa Indonesia tetap tabah.

"#IndonesiaTsunami rasa simpati yang mendalam kami sampaikan kepada seluruh orang yang terkena dampak tsunami dahsyat di #Indonesia. Berharap seluruh korban terluka cepat pulih dan proses pencarian serta penyelamatan lancar," kata juru bicara Kemlu Israel Emmanuel Nashhon melalui Twitter, seperti dikutip CNNIndonesia.com pada Minggu (23/12).


Selain Israel, Perdana Menteri Australia Scott Morrison juga menyampaikan keprihatinan serupa.

Melalui cuitannya di Twitter, Morrison mengungkapkan duka cita terhadap seluruh korban tsunami yang menerjang perairan Serang, Banten, dan Lampung tersebut.

Dia juga menuturkan siap membantu kapan pun pertolongan dibutuhkan.

"Suatu hari yang sangat sulit bagi sahabat kami Indonesia. Seluruh doa dan duka cita kami sampaikan bagi setiap korban luka dan orang-orang yang kehilangan sanak keluarga yang dicintai," kata Morrison.

"Seperti yang selalu diutarakan, kami (Australia) siap membantu jika dibutuhkan."


Selain Morrison, sejumlah politikus dan anggota parlemen Australia juga turut menyampaikan rasa belasungkawanya atas tsunami yang terjadi pada Sabtu malam.

Politikus sekaligus pemimpin partai oposisi Australia, Bill Shorten, dan Senator Partai Buruh Australia Penny Wong juga menuturkan ucapan simpati serupa.


Tak hanya Israel dan Australia, tetangga terdekat Indonesia, Malaysia juga telah mengutarakan rasa duka cita terkait bencana ini.

Wakil Perdana Menteri Malaysia Wan Azizah Wan Ismail memaparkan Negeri Jiran siap membantu Indonesia menanggulangi bencana tsunami Selat Sunda.

"Terkejut mendengar berita tsunami melanda Banten, Indonesia, yang setidaknya telah menelan 20 nyawa," ucap Wan Azizah melalui kicauannya di Twitter.

"Saya doakan Indonesia terus tabah menghadapi ujian ini. Malaysia sedia membantu meringankan beban saudara kita di Indonesia @jokowi #PrayForIndonesia."

Tsunami yang menerjang Selat Sunda kemarin menyorot perhatian dunia internasional. Sebagian media asing arus utama seperti CNN, The Guardian, Reuters, BBC, hingga Al Jazeera turut menjadikan bencana tersebut sebagai berita utama hari ini. Kejadian tersapunya kelompok musik Seventeen oleh gelombang tsunami ketika pentas di kawasan Pantai Anyer juga tak luput dari perhatian.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana Nasional (BNPB) menuturkan hingga kini korban tewas tsunami di Selat Sunda mencapai 168 orang

Sementara itu, sedikitnya 745 orang luka akibat bencana tersebut dan 30 orang lainnya masih dinyatakan hilang.

BNPB memperkirakan jumlah korban tewas dan luka, serta kerusakaan materiil akan terus bertambah menyusul belum semua daerah terdampak bencana didata oleh petugas darurat.

Tsunami menerjang Selat Sunda sekitar Sabtu (22/12) malam pukul 21.27 WIB. Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) memaparkan fenomena Tsunami Selat Sunda kemarin termasuk langka dan hingga kini penyebabnya belum bisa dipastikan.

Saksikan video kondisi usai tsunami Selat Sunda:
[Gambas:Video CNN] (rds/ayp)

Let's block ads! (Why?)


http://bit.ly/2BFxwoi
December 23, 2018 at 10:52PM from CNN Indonesia http://bit.ly/2BFxwoi
via IFTTT

No comments:

Post a Comment