Pages

Sunday, January 27, 2019

Jokowi Ajak Warga NU Jaga Toleransi

Jakarta, CNN Indonesia -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengajak seluruh masyarakat menjaga nilai-nilai toleransi untuk saling menghargai serta menghormati perbedaan. Ajakan tersebut ia sampaikan saat menghadiri Harlah Muslimat NU ke-73 di Gelora Bung karno, Minggu (27/1) pagi.

Jokowi menyebut Indonesia dianugerahi perbedaan mulai dari agama, suku, adat, serta bahasa. "Marilah kita menjaga nilai-nilai toleransi, saling menghargai, saling menghormati antar suku yang ada, di antara perbedaan agama yang kita miliki," kata Jokowi.

Jokowi mengingatkan bahwa Indonesia adalah negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia. Mantan wali kota Solo itu menyebut penduduk Indonesia majemuk, yang berbeda suku, agama, adat, tradisi, hingga bahasa daerah.

Ia juga menyinggung tentang Islam moderat bukan yang radikal dan ekstrem. Menurut Jokowi, seluruh masyarakat wajib menanamkan nilai-nilai yang saling menghormati atas segala perbedaan.


"Mampu menghargai mampu menghormati saudara kita yang lain, yang berbeda agama berbeda suku, berbeda adat, berbeda tradisi, berbeda bahasa daerah," ujarnya.

Lebih lanjut, Jokowi mengajak masyarakat tidak terpecah saat masuk tahun politik, mulai dari pemilihan bupati, wali kota, gubernur, hingga presiden. Mantan gubernur DKI Jakarta itu tak ingin masyarakat terbelah karena perbedaan pilihan dalam politik.

"Jangan seperti itu, jangan saling mencela. Kita ini adalah saudara sebangsa dan setanah air. Sudah sunatullah, sudah menjadi hukum Allah bahwa kita semua berbeda-beda," kata dia.

Jokowi mengajak seluruh masyarakat, khususnya ibu-ibu Muslimat NU untuk bersama-sama menjaga dan merawat persatuan, persaudaraan, serta kerukunan di Indonesia."Jangan sampai karena perbedaan yang tadi saya sebutkan kita menjadi tidak seperti saudara," tuturnya.


Tak ketinggalan, pria yang juga calon presiden nomor 01 itu mengucapkan selamat hari lahir kepada Muslimat NU yang ke-73. Jokowi berharap Muslimat NU tambah jaya dan selalu diberikan barokah.

"Saya ucapkan Selamat harlah Muslimat NU yang ke-73. Semoga Muslimat NU tambah jaya selalu diberikan barokah, dan Indonesia menjadi negara makmur dan sejahtera," kata dia. (fra/agt)

Let's block ads! (Why?)


http://bit.ly/2UeAuro
January 27, 2019 at 11:15PM from CNN Indonesia http://bit.ly/2UeAuro
via IFTTT

No comments:

Post a Comment