Pages

Sunday, May 5, 2019

Petugas Jaga 30 Tahanan Kabur Palembang Diperiksa

Palembang, CNN Indonesia -- Polresta Palembang tengah melakukan penyelidikan menyeluruh terkait 30 tahanan yang kabur dari sel penjara pada Minggu (5/5) dini hari. Seluruh saksi diperiksa, termasuk petugas piket jaga pada malam peristiwa tersebut.

Kapolresta Palembang Komisaris Besar Didi Hayamansyah memastikan akan memberi sanksi tegas apabila petugas yang menjaga tahanan terbukti melakukan kelalaian.

Pihaknya kini tengah memeriksa saksi dari tahanan yang tidak ikut melarikan diri, tahanan yang melarikan diri namun sudah tertangkap, dua orang yang membantu pelarian tahanan, serta seluruh petugas piket jaga pada saat kejadian.

Didi mengungkapkan jumlah petugas piket jaga pada malam kaburnya 30 tahanan tersebut berjumlah 20 orang. 20 orang tersebut mulai dari piket penjagaan gerbang depan, piket SPKT, piket reskrim, serta piket penjagaan tahanan yang berjumlah tiga orang.


"Seluruh petugas piket malam itu sudah kami ambil keterangan, sekarang masih proses pemeriksaan. Jika dalam peristiwa ini terbukti ada kelalaian yang dilakukan petugas jaga saat menjalankan tugas, pasti akan diberikan sanksi," ujar Didi.

Selain itu, pemeriksaan para petugas jaga pun dilakukan untuk mengetahui kronologi persis kejadian dimulai dari sebelum, saat melakukan penjebolan, hingga saat para tahanan berhasil menjebol terali besi dan melarikan diri.

Pihaknya belum bisa memastikan waktu peristiwa tersebut terjadi, karena kamera CCTV di ruang tahanan telah rusak sejak tanggal 1 Mei. Namun pihaknya memperkirakan para tahanan mulai menjebol terali besi sejak pukul 02.30 hingga 03.00 dini hari.


"Sekarang kami fokus dulu untuk pengejaran para tahanan kabur ini. Secara garis besar rincinya akan disampaikan besok untuk dirilis," ujar Didi.

Diberitakan, 30 tahanan di Mapolresta Palembang melarikan diri usai menjebol terali besi ventilasi udara dari ruang tahanan, Minggu (5/5). Kaburnya para tahanan diketahui saat seorang tahanan yang tidak melarikan diri memberi tahu petugas jaga pada pukul 03.00.

Pada Minggu tengah hari, polisi berhasil menangkap lima dari 30 tahanan kabur tersebut. Dua tahanan kabur lainnya berhasil ditangkap pada Minggu petang, berikut dua orang yang diduga turut membantu seluruh tahanan tersebut melarikan diri.

(idz/lav)

Let's block ads! (Why?)


http://bit.ly/2V2wGcD
May 06, 2019 at 07:51AM from CNN Indonesia http://bit.ly/2V2wGcD
via IFTTT

No comments:

Post a Comment