Pages

Sunday, December 23, 2018

Kapal Wisatawan Tenggelam di Taman Nasional Komodo, 2 Hilang

Jakarta, CNN Indonesia -- Kapal wisata di perairan Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa tenggara Timur (NTT), dilaporkan tenggelam, Minggu (23/12). Kapal Motor (KM) La Hila yang mengangkut sembilan orang itu tenggelam di perairan Pulau Padar, Kawasan Wisata Taman Nasional Komodo (TNK).

"Sembilan orang selamat dievakuasi ke Labuan Bajo dan mendapatkan perawatan di rumah sakit," kata Kapolres Manggarai Barat AKBP Julisa Kusumowardono, dikutip Antara, Minggu (23/12).

Julisa menyatakan, dua korban yang saat ini masih belum ditemukan yakni Dr Yudi Prayudi dan Gregorius yang bertugas sebagai pemandu wisata.


"Tim SAR gabungan masih melakukan pencarian terhadap dua orang wisatawan," kata dia.

Julisa menjelaskan, KM La Hila sendiri mempunyai anak buah kapal (ABK) empat orang. Kapal wisata itu disewa oleh tujuh orang wisatawan domestik yang ingin berwisata ke kawasan wisata TNK sambil menikmati liburan Natal dan Tahun Baru.

"Kapal wisata itu bertolak dari Labuan Bajo pada Sabtu (22/12), pukul 08.00 Wita," ujarnya.

Julisa menjelaskan, kapal tersebut menyinggahi sejumlah kawasan wisata seperti Pulau Rinca. Pada Minggu (23/12) kapal itu bertolak dari pulau Rinca menuju Pulau Padar, namun pada pukul 04.00 Wita waktu setempat kapal itu karam karena dihantam gelombang kemudian tenggelam.


Mendapat informasi kapal wisata itu tenggelam, tim SAR gabungan terdiri dari Polairud, Basarnas, Polres Manggarai Barat, TNI-AL, patroli gabungan TNK-Polres Manggarai Barat-Brimob, bersama dengan sejumlah kapal wisata lainnya berusaha menyelamatkan para korban.

Sementara itu Kepala Otoritas Syahbandar Labuan Bajo, Iwan Sumantri, mengatakan, bahwa kapal itu hanya diberikan izin berlayar ke dua tempat wisata yakni pulau Rinca dan Loh Buaya.

"Nakhodanya nakal, sehingga ujung-ujungnya kapal yang dinakhodainya diterjang gelombang dan tenggelam," katanya.

(ain)

Let's block ads! (Why?)


http://bit.ly/2PY8x4C
December 24, 2018 at 02:51AM from CNN Indonesia http://bit.ly/2PY8x4C
via IFTTT

No comments:

Post a Comment