Pages

Wednesday, May 29, 2019

Kebijakan Ganjil Genap Jakarta Ditiadakan pada 1-9 Juni

Jakarta, CNN Indonesia -- Kebijakan ganjil genap bagi mobil di wilayah Jakarta bakal ditiadakan untuk sementara. Kebijakan ini berlaku menyusul Hari Raya Idulfitri pada pekan depan.

"Tidak berlaku ganjil genap mulai tanggal 1 Juni hingga 9 Juni 2019," kata Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Perhubungan Sigit Wijatmoko kepada CNNIndonesia.com, Rabu (29/5).

Kemudian ganjil genap juga tidak diberlakukan saat hari H Idulfitri. Kebijakan ini terkait Peraturan Gubernur DKI Jakarta nomor 155 tahun 2018 yang menyebut ganjil genap tidak diberlakukan pada Sabtu, Minggu dan hari libur nasional.

"Pasal 3 ayat 3 menyebutkan pembatasan lalu lintas dan sistem ganjil genap tidak diberlakukan pada Sabtu, Minggu, dan hari libur nasional yang ditetapkan Keputusan Presiden," ujarnya.


Selain itu, sebagai bentuk pengaturan lalu lintas selama Idulfitri, Dinas Perhubungan akan melakukan sejumlah rekayasa lalu lintas. Rekayasa dilakukan di pusat perbelanjaan mulai 29 Mei sampai 13 Juni 2019.

Selama ini sistem ganjil genap bagi kendaraan roda empat berlaku di Jalan Medan Merdeka Barat, MH Thamrin, Jalan Jenderal Sudirman, dan Jalan Gatot Subroto.

Titik lain yaitu sebagian Jalan Jenderal S. Parman dari ujung simpang Jalan Tomang Raya hingga Simpang Jalan KS Tubun, Jalan MT Haryono, Jalan HR Rasuna Said, Jalan DI Panjaitan, dan Jalan Ahmad Yani.


Sistem ganjil-genap berlaku Senin-Jumat, mulai pukul 06.00-10.00 WIB dan pukul 16.00-20.00 WIB.

Sebelumnya, Pemprov DKI Jakarta juga meniadakan Hari Bebas Kendaraan Bermotor atau car free day pada 2 Juni dan 9 Juni 2019. Pembebasan car free day dilakukan menyusul jumlah pengguna kendaraan yang diprediksi akan menurun.

Selain itu para aparat akan dikonsentrasikan untuk penjagaan Idulfitri. Pemberhentian sementara dua kebijakan ini sudah melalui izin Gubernur DKI Jakarta.


[Gambas:Video CNN] (ctr/pmg)

Let's block ads! (Why?)


http://bit.ly/2wt2kGx
May 30, 2019 at 12:31AM from CNN Indonesia http://bit.ly/2wt2kGx
via IFTTT

No comments:

Post a Comment