Pages

Wednesday, May 29, 2019

Puncak Arus Mudik di Tol Palimanan Diprediksi H-5 Lebaran

Jakarta, CNN Indonesia -- PT Jasa Marga (Persero) Tbk. memprediksi puncak volume arus mudik yang melintas di Gerbang Tol Palimanan Utama terjadi pada lima hari jelang Idulfitri 1440 H. Mereka juga memperkirakan kenaikan volume kendaraan naik 12 persen dibanding tahun lalu.

Deputy General Manager HR & General Affair Jasa Marga Cabang Palikanci, Zakaria, mengatakan akan ada 80.912 kendaraan yang melintas pada H-5 Lebaran di GT Palimanan Utama. Dibanding rata-rata jumlah kendaraan pada hari biasa sekitar 14.282 kendaraan, volume kendaraan di puncak arus mudik ini meningkat 455 persen.

Adapun titik-titik rawan macet di sepanjang Tol Palikanci berada di Off Ramp GT Ciperna Barat, On Ramp GT Palimanan 3, dan Off Ramp GT Kanci. Sementara di tempat peristirahatan, Jasa Marga menyebut titik rawan macet berada di Rest Area 207 A arah Brebes.

Jasa Marga mengantisipasi keadaan itu dengan menambah kapasitas transaksi GT dengan menambah gardu transaksi. Mereka juga menambah personel pengatur lalu lintas, rambu-rambu petunjuk arah, dan petugas kebersihan.


Penambahan tempat peristirahatan juga ditempuh untuk mengatasi potensi membeludaknya pemudik di tempat-tempat yang sudah ada. Tempat peristirahatan sementara disiapkan di KM 204 Jalan Tol Palikanci. Lalu berkenaan dengan penerapan satu jalur di jalan tol, Jasa Marga berjanji menambah rambu-rambu yang memudahkan pengendara.

"Kerap kali dari tahun-tahun sebelumnya, rest area kami dipenuhi oleh para pemudik. Kami optimis dengan adanya one way, pelayanan kami akan menjadi lebih baik," ujar Zakaria seperti yang dimuat dalam keterangan resminya, Rabu (29/5).

Perkiraan puncak arus mudik Jasa Marga di Palikanci ini sesuai dengan prediksi pemerintah dan aparat kepolisian yang meyakini akan terjadi pada 31 Mei.

Sementara itu, puncak arus balik diperkirakan akan terjadi pada Minggu, 9 Juni 2019 atau H+3 lebaran. Pada puncak arus balik, sekitar 22,4 persen dari pemudik akan kembali kenkota tinggalnya.


[Gambas:Video CNN] (bin/pmg)

Let's block ads! (Why?)


http://bit.ly/2HJT8nI
May 30, 2019 at 02:01AM from CNN Indonesia http://bit.ly/2HJT8nI
via IFTTT

No comments:

Post a Comment