Pages

Sunday, June 2, 2019

Momen Pertemuan SBY dan Megawati di Pemakaman Ani Yudhoyono

Jakarta, CNN Indonesia -- Pemakaman istri presiden ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Ani Yudhoyono di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Minggu (2/6) menyedot perhatian masyarakat.

Ratusan orang mengantar Ani ke rumah terakhirnya. Tak terkecuali, beberapa tokoh nasional yang hadir pada sore hari itu. Pemakaman Ani Yudhoyono menjadi ajang silaturahmi politik.

Sejumlah mantan 'pembantu' SBY hadir ke upacara pemakaman Ani. Sebut saja Mantan Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa dan Mantan Menteri Keuangan Chatib Basri. Kemudian, terdapat pula menteri yang menduduki pemerintahan saat ini seperti Menteri Sekretaris Negara Pramono Anung, Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri, hingga Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono.

Namun, pemandangan menarik terlihat saat mantan presiden ke-lima Megawati Soekarnoputri terlihat bersalaman dengan SBY. Tak hanya bersalaman, dua tokoh itu juga terlihat berbincang satu sama lain.

Hubungan SBY dan Megawati selama ini disebut renggang. Pada Juli 2018 silam, SBY pernah mengutarakan bahwa salah satu rintangan berkoalisi dengan kubu Jokowi kala itu adalah hubungannya dengan Megawati yang kurang harmonis.

Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto mengungkapkan bahwa Megawati dan segenap jajaran PDIP memang telah menyampaikan duka cita mendalam atas meninggalnya Ani.

Megawati dan PDIP juga menghaturkan doa agar Ani bisa meninggal dengan husnul khotimah.

"PDI Perjuangan menyampaikan duka cita yang mendalam atas wafatnya Ibu Ani Yudhoyono. Ucapan belasungkawa tidak hanya kami tujukan kepada keluarga besar Bapak Susilo Bambang Yudhoyono, namun juga bagi keluarga besar Partai Demokrat," kata Hasto.

CNNIndonesia.com telah mencoba meminta konfirmasi soal gestur yang dilakukan Megawati selepas upacara itu berlangsung. Namun, putri mantan presiden pertama Indonesia itu tak mau menjawab pertanyaan yang dilontarkan awak media satu pun. Begitupun dengan SBY. Keduanya enggan berkomentar.

Momentum silaturahmi politik itu disinggung anak sulung SBY, Agus Harimurti Yudhoyono kala membacakan sambutan di depan liang lahat sang ibunda.

"Kami mengajak segenap bangsa Indonesia untuk bersama-sama menggandengkan tangan ke depan mewujudkan cita-cita mulia mewujudkan kerukunan dan kedamaian. Indonesia untuk semua, sesuai dengan mimpi besar ibunda Ani Yudhoyono," kata dia.

[Gambas:Video CNN] (glh/ugo)

Let's block ads! (Why?)


http://bit.ly/2IcHUHl
June 03, 2019 at 01:46PM from CNN Indonesia http://bit.ly/2IcHUHl
via IFTTT

No comments:

Post a Comment