Pages

Thursday, January 31, 2019

AS Minta Negara Eropa Dukung Oposisi Venezuela

Jakarta, CNN Indonesia -- Amerika Serikat (AS) meminta negara-negara di Eropa cepat mengakui pemimpin oposisi Venezuela, Juan Guaido, sebagai presiden sementara negara itu.

Asisten Menteri Luar Negeri AS yang mengawasi Amerika Latin, Kimberly Breier, menyambut pemungutan suara oleh parlemen Uni Eropa pada Kamis (31/1) untuk memilih pengakuan Guaido.

"Kami pastinya mendorong pemerintahan di Eropa mendukung masyarakat Venezuela dan transisi pemerintahan di Venezuela dengan mengakui Guaido sebagai presiden interim," kata Breier kepada jurnalis Eropa diberitakan AFP.

Breier mengungkap sudah 20 negara mengakui Guaido yang pada pekan lalu memproklamirkan dirinya sebagai pelaksana presiden. Aksi itu terjadi setelah pemilihan umum yang dinilai tidak adil menyatakan Nicolas Maduro sebagai Presiden Venezuela lagi.

Selain AS, negara yang sudah mengakui Guaido adalah Brasil, Kanada, dan Argentina. Empat kekuatan besar di Eropa, yaitu Inggris, Prancis, Jerman, dan Spanyol sudah meminta Maduro menggelar pemilihan umum yang baru pada pekan ini yang kemungkinan gagal dan menyebabkan keempatnya bisa jadi mengakui Guaido.

Maduro mengatakan berniat negosiasi dengan oposisi dan menawarkan pemilihan umum legislatif, namun dia menolak ide memilih kembali presiden.

Keputusan Eropa tidak sepenuhnya bulat. Yunani memutuskan mendukung Maduro yang kini dibela Rusia dan China. (fea)

Let's block ads! (Why?)


http://bit.ly/2RuIBhE
February 01, 2019 at 12:00PM from CNN Indonesia http://bit.ly/2RuIBhE
via IFTTT

No comments:

Post a Comment