Pages

Wednesday, May 1, 2019

Amazon akan Uji Coba Ulang Roket Bawa Manusia ke Luar Angkasa

Jakarta, CNN Indonesia -- Amazon mengumumkan akan kembali melakukan uji coba peluncuran roket Blue Origin komersial untuk membawa manusia ke luar angkasa, Rabu (2/5) waktu setempat.

Hal itu dikonfirmasi oleh akun Twitter resmi Blue Origin yang mencuitkan tentang peluncuran roket tersebut.

"Kami menargetkan peluncuran berikutnya #NewShepard besok 2 Mei jam 8:30 pagi CDT/13:30 UTC. Misi ini akan membawa 38 muatan penelitian gaya berat mikro ke luar angkasa,"

Uji coba peluncuran salah satu roket Blue Origin yakni New Shepard ini disebut-sebut bakal menjadi uji coba peluncuran roket terakhir sebelum Amazon mulai menjual tiket dan mengirim pelanggan pertamanya ke luar angkasa, seperti yang dilaporkan CNN.

Roket New Shepard ini akan diluncurkan tanpa awak dan lepas landas di lokasi uji coba roket milik Blue Origin di salah satu pedesaan di Texas, AS.

Roket komersial milik Blue Origin akan melayani penumpang ke luar angkasa sejauh lebih dari 62 mil di atas Bumi, jarak itu disebut-sebut merupakan garis yang digunakan untuk menentukan awal luar angkasa berada.

New Shepard bakal membantu Blue Origin bersaing secara langsung dengan Virgin Galactic milik pebisnis Richard Branson di pasar pariwisata luar angkasa suborbital.

Virgin Galactic sendiri digadang-gadang akan menerbangkan turis antariksa mereka pada pertengahan 2019 ini. Setidaknya 600 orang telah memesan tiket dengan harga US$200 ribu hingga US$250 ribu per kursi.

Sebelumnya, Blue Origin juga sempat menerbangkan roket New Shepard ke luar angkasa pada Januari lalu. Saat itu, roket ini membawa delapan percobaan sains NASA.

Jeff Bezos dikabarkan akan mematok harga sekitar US$200 ribu hingga US$300 ribu per kursi. Nantinya, New Shepard akan menampung enam orang penumpang dalam sekali perjalanan ke ruang angkasa.

Penumpang akan dibawa hingga ketinggian 100 kilometer dari bumi,dan akan merasakan kondisi tanpa bobot. Pada ketinggian tersebut, penumpang juga bisa menyaksikan bentuk lengkungan bumi yang bulat. (age)

Let's block ads! (Why?)


http://bit.ly/2V7at2c
May 02, 2019 at 04:17PM from CNN Indonesia http://bit.ly/2V7at2c
via IFTTT

No comments:

Post a Comment