Pages

Friday, November 29, 2019

Menguji Target Sadar Diri Indonesia di SEA Games 2019

Jakarta, CNN Indonesia -- Kontingen Indonesia berangkat ke SEA Games 2019 di Filipina dengan target 45-50 medali emas. Atlet bakal mengusung misi memenuhi target yang sebenarnya merupakan sebuah target sadar diri.

Indonesia datang ke Filipina tanpa banyak menebar ancaman. Kontingen Merah-Putih mematok target 45-50 medali emas. Target tersebut, bila terpenuhi, diharapkan bisa memperbaiki posisi Indonesia di klasemen akhir SEA Games dibandingkan edisi dua tahun lalu.

Pada dua tahun lalu, Indonesia duduk di posisi kelima dengan catatan 38 emas, 63 perak, dan 90 perunggu. Lompatan dari 38 emas ke target 45-50 emas merupakan target realistis dan masuk di akal.

Namun pilihan pencanangan target tersebut juga merupakan sebuah penegasan posisi Indonesia di dunia olahraga Asia Tenggara saat ini.

Kontingen Indonesia dibebani target 45-50 medali emas di SEA Games 2019.Kontingen Indonesia dibebani target 45-50 medali emas di SEA Games 2019. (CNN Indonesia/ Bisma Septalisma)
Meski SEA Games kini identik dengan sejumlah cabang olahraga pilihan tuan rumah, Indonesia tetap terbukti mulai kesulitan bersaing di cabang olahraga wajib yang juga jadi tambang medali seperti atletik, renang, panahan, dan menembak.

Hal itu kemudian berpengaruh pada target medali emas yang dicanangkan oleh Indonesia secara keseluruhan.

[Gambas:Video CNN]
Walau muara prestasi olahraga adalah Olimpiade, sejauh ini tetap tidak banyak perubahan yang terjadi pada fokus olahraga Indonesia. Di Olimpiade, hanya cabang olahraga badminton dan angkat besi yang masih konsisten menyumbangkan medali.

Itu berarti SEA Games tentu tak boleh disepelekan begitu saja oleh cabang olah raga lain karena level prestasi mereka masih ada di titik tersebut. Penurunan target yang juga berarti penurunan prestasi juga kemudian bisa dikaitkan oleh keseriusan negara dalam mengalokasikan biaya untuk pelatihan dan pengembangan atlet-atlet di negeri ini.

Menguji Target Sadar Diri di SEA Games 2019
SEA Games 2019 telah dimulai. Mari berharap atlet-atlet Indonesia bisa memenuhi bahkan melebihi target medali yang telah dicanangkan. Lima puluh medali emas bakal jadi sebuah kemenangan dan membawa pulang emas lebih dari itu berarti sebuah kejayaan besar.

Indonesia sendiri telah memastikan satu medali emas jelang pembukaan SEA Games 2019 pada Sabtu (30/11). Emas pertama diraih Indonesia lewat cabang olahraga polo air putra setelah Filipina bermain imbang dengan Singapura 6-6.


Indonesia meraih tujuh poin hasil dari tiga kemenangan dan satu kali imbang selama SEA Games 2019. Jumlah poin tersebut tidak akan bisa lagi dikejar oleh para pesaing lain. 

Selamat berjuang atlet-atlet Indonesia! (ptr/jal)

Let's block ads! (Why?)


https://ift.tt/2L4xls8
November 30, 2019 at 03:17PM from CNN Indonesia https://ift.tt/2L4xls8
via IFTTT

No comments:

Post a Comment