Pages

Sunday, January 27, 2019

Korban Meninggal Banjir Sulsel Dapat Santunan Rp15 Juta

Jakarta, CNN Indonesia -- Wakil Presiden RI HM Jusuf Kalla mengatakan korban meninggal akibat bencana banjir dan tanah longsor di Sulawesi Selatan akan mendapat santunan sebesar Rp15 juta perorang.

Hal itu merupakan keputusan bersama pada rapat yang digelar di Ruang Rapat Pimpinan Kantor Gubernur Sulawesi Selatan, Makassar, Minggu (27/1). Santunan akan segera disalurkan oleh Kementerian Sosial.

"Jadi program yang segera (dilakukan) ialah membantu korban yang meninggal. Dari Kemensos akan segera dibantu santunan Rp15 juta perorang," kata JK.


Kementerian Sosial RI sendiri memutuskan menambah alokasi bantuan untuk penanganan banjir dan tanah longsor di Sulawesi Selatan.

"Total bantuan sebesar Rp2,6 miliar untuk logistik tanggap darurat, santunan ahli waris dan peralatan kebersihan lingkungan untuk percepatan pemulihan pemukiman dan lingkungan terdampak bencana," tutur Menteri Sosial RI Agus Gumiwang Kartasasmita.

Agus merinci bantuan logistik disalurkan masing-masing untuk Dinas Sosial Provinsi Sulsel sebesar Rp874 juta, untuk Dinas Sosial Kabupaten Jeneponto sebesar Rp390 juta, dan untuk Dinas Sosial Kota Makassar sebesar Rp156 juta.

Korban Meninggal Banjir Sulsel Dapat Santunan Rp15 JutaWapres Jusuf Kalla. (CNN Indonesia/Priska Sari Pratiwi)

Selanjutnya santunan bagi ahli waris korban meninggal untuk 68 korban meninggal yang diberikan dalam dua tahap. Tahap pertama disalurkan sebesar Rp555 juta untuk ahli waris 37 korban meninggal.

"Pemerintah juga menyerahkan bantuan peralatan kebersihan lingkungan senilai Rp700 juta untuk Kabupaten Jeneponto yang wilayahnya terdampak cukup parah. Mudah-mudahan bisa segera mempercepat pembersihan dan pemulihan kondisi di sana," katanya.

Seperti diketahui hujan dengan intensitas tinggi disertai angin kencang melanda wilayah Sulawesi Selatan pada 22 Januari lalu.

Tercatat 53 kecamatan di 12 kabupaten/kota di wilayah Provinsi Sulawesi Selatan yang mengalami banjir, tanah longsor dan angin kencang Kabupaten Jeneponto, Kabupaten Gowa, Kabupaten Maros, Kabupaten Soppeng, Kabupaten Barru, Kabupaten Wajo, Kabupaten Pangkajene Kepulauan, Kabupaten Bantaeng, Kota Makassar, Kabupaten Selayar, dan Kabupaten Takalar.


Jusuf Kalla menginstruksikan santunan bagi ahli waris korban meninggal dunia akibat bencana banjir, longsor dan angin kencang di Provinsi Sulawesi Selatan segera disalurkan.

"Saya ingin melihat apa yang terjadi program yang segera adalah membantu korban. Jadi Kemensos segera menyalurkan bantuan dan santunan," kata JK.

JK bertolak ke Makassar untuk meninjau penanganan dampak banjir Sulsel. Dia sebelumnya meninjau Bendungan Bili-Bili dan jembatan Jenelata di Kabupaten Gowa yang putus akibat arus sungai yang kuat.

(gil)

Let's block ads! (Why?)


http://bit.ly/2CML0il
January 28, 2019 at 12:03AM from CNN Indonesia http://bit.ly/2CML0il
via IFTTT

No comments:

Post a Comment