Pages

Sunday, July 7, 2019

Niki Zefanya Anggap Musisi Tak Perlu Jadi 'Ahli'

Jakarta, CNN Indonesia -- Program pencarian bakat yang digelar Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) dengan label rakaman 88rising tengah berjalan. Saat ini sudah ada 20 besar nama-nama penyanyi dari berbagai daerah di Indonesia.

Lewat program bertajuk Indonesia Creative Incorporated (ICINC) ini Bekraf dan 88rising mencari lima penyanyi untuk ikut program pelatihan musik dari berbagai sudut. Mereka tertarik melahirkan rapper Rich Brian baru atau Niki Zefanya baru.

Niki yang sudah tergabung dengan 88rising berpesan pada peserta ICINC bahwa kunci untuk menjadi musisi adalah menjadi diri sendiri. Jangan pernah menjadi orang lain.

"Dulu saya pernah melakukan kesalahan itu. Tapi mereka mungkin masih muda dan berusaha mencari tahu mau kayak apa. Tidak masalah untuk eksplor," kata Niki dalam wawancara terbatas di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, beberapa waktu lalu.


Menurut musisi berusia 20 tahun ini mempelajari suatu genre adalah hal yang tidak penting. Setiap musisi bisa menjadi apa yang mereka inginkan tanpa harus menjadi ahli sebuah genre.

Saat membuat lagu, dulu ia kerap berpikir apakah lagunya akan sekeren karya musisi lain. Terkadang perempuan yang memiliki nama asli Nicole Zefanya ini merasa lagu musisi lain lebih keren karena terasa groovy dan up beat. Sementara lagu yang ia buat tidak demikian.

"Tidak masalah bila kalian memainkan gitar atau membuat lagu. Kalian membuat musik yang kalian sukai, maka itulah kalian, dan orang akan mengapresiasi itu," kata Niki.

Ia melanjutkan, "Bila kalian jujur terhadap diri sendiri, kalian akan menarik perhatian orang lain seperti yang saya lakukan. Orang-orang akan menyukai kalian, intinya adalah menjadi diri sendiri."


Nama Niki mulai dikenal setelah berhasil memenangkan audisi sebagai penampilan pembuka konser Taylor Swift di Jakarta pada 2014 silam. Kala itu ia menyanyikan lagu Awali Hari Dengan Cinta.

Setelah itu ia merilis sejumlah single, yaitu Polaroid Boy (2016), Anaheim (2017), See U Never (2017), I Like U (2017), Chilly (2018) dan Vintage (2018). Pada 2017 ia resmi bergabung dengan 88rising, label yang lebih dulu menaungi Brian.

Niki merilis album mini perdana bertajuk Zephyr pada 2018. Mini album tersebut terasa sangat RnB dan cocok dengan karakter suara Niki. Di tahun yang sama ia berkolaborasi dengan Rich Brian dalam lagu Little Prince dan terlibat album kompilasi Head in The Clouds (2018).

Kemudian pada pertengahan Mei lalu, Niki merilis album mini kedua bertajuk wanna take this downtown?. Perilisan album mini tersebut sebagai jembatan menuju album perdana bertajuk Moonchild yang direncanakan rilis tahun ini.

[Gambas:Video CNN] (adp/rea)

Let's block ads! (Why?)


https://ift.tt/2LEZhnm
July 08, 2019 at 02:04PM from CNN Indonesia https://ift.tt/2LEZhnm
via IFTTT

No comments:

Post a Comment