Pages

Monday, July 8, 2019

Nostalgia Persija vs Persib di GBK Terjadi 2014

Jakarta, CNN Indonesia -- Rivalitas suporter Persija Jakarta vs Persib Bandung kerap kali memicu perubahan venue di menit-menit akhir. Kali terakhir Persija bisa menjamu Persib di Stadion Gelora Utama Bung Karno, terjadi pada tahun 2014.

Persoalan keamanan sudah menjadi persoalan pelik yang melekat jelang duel kedua tim. Maklum, kedua suporter memiliki rivalitas tinggi hingga kerap memakan korban nyawa.

Kepolisian pun harus berkoordinasi dengan pihak klub, suporter, dan pengelola kompetisi untuk menjamin keamanan. Rapat koordinasi menjadi kegiatan rutin digelar di Polda Metro Jaya jelang duel Persija vs Persib di Jakarta.

Pada 2014, Polda Metro menerbitkan surat izin keramaian setelah suporter Persija, The Jakmania, meneken sejumlah kesepakatan bersama. Termasuk tidak mengganggu ketertiban umum dan melakukan teror kepada pemain Persib.

Fabio Beltrame pernah menjabat kapten Persija Jakarta.Fabio Beltrame pernah menjabat kapten Persija Jakarta. (CNN Indonesia/Huyogo)
Bobotoh, pendukung Persib, pun tidak diizinkan menyaksikan pertandingan di Jakarta. Regulasi ini juga diberlakukan ketika Persija melakoni laga tandang ke Bandung.

Soccerway mencatat, tribune SUGBK dipenuhi 66.143 penonton tanpa suporter lawan. Jumlah ini menjadi rekor penonton terbanyak di Liga 1 2014.

Laga Terakhir Persija vs Persib di GBK Terjadi 2014
Duel kedua tim pun berjalan ketat di sepanjang laga. Tuan rumah memang mendominasi serangan namun tim tamu juga mampu menebar sejumlah ancaman serius.

Meski demikian, kedua tim harus puas dengan hasil imbang tanpa gol. Hasil yang sama terjadi di putaran pertama saat Persija melawat ke markas Pangeran Biru.

Tony Sucipto pernah bela Persib Bandung.Tony Sucipto pernah bela Persib Bandung. (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat)
Uniknya, ada tiga pemain di 2014 yang kini berganti seragam. Dua pemain Persib kala itu, Shahar Ginanjar dan Tony Sucipto, kini berseragam Persija. Sementara Fabiano Beltrame yang saat itu menjabat kapten Macan Kemayoran kini datang ke GBK dengan baju Persib.

Sejak saat itu, duel Persija vs Persib tak lagi pernah digelar di GBK. Anak-anak Jakarta kerap menjalani partai usiran di luar Jakarta karena persoalan keamanan dan izin pemakaian Stadion SUGBK.

Musim lalu, Persija harus rela bermain di Stadion PTIK saat menjamu Persib. Renovasi stadion jelang Asian Games 2018 jadi kendala Persija batal main di GBK. Meski demikian, tuan rumah berhasil menang berkat gol tunggal Jaime Xavier.

Susunan pemain Persija vs Persib 2014:

Persija Jakarta: Andritany Ardhiyasa (PG), Dani Saputra, Ismed Sofyan, Fabiano Beltrame (C), Ngurah Wahyu, Ramdani Lestaluhu, Amarzukih, Ponaryo, April Hadi, Rohit Chand, Edi Foday Boakay

Cadangan: Adixie Lenzivio (PG), Syahrizal, Firmansyah, Egi Melgiansyah, Victor Pae, Aging Supriyanto, Rahmad Afandi.

Persib Bandung: I Made Wirawan (PG), Toni Sucipto, Ahmad Jupriyanto, Vladimir Vujovic, Supardi, Taufiq, Hariono, M. Ridwan, Firman Utina (C), Kanote Makan, Jibril Coulibaly

Cadangan: Shahar Ginanjar (PG), Jajang Sukmara, Agung Pribadi, Atep, Sigit Hermawan, Abdurahman, Tantan. (jun)

Let's block ads! (Why?)


https://ift.tt/2NIdgeN
July 09, 2019 at 02:00PM from CNN Indonesia https://ift.tt/2NIdgeN
via IFTTT

No comments:

Post a Comment