Pages

Wednesday, February 20, 2019

Brasil dan AS Koordinasi Bantuan Kemanusiaan untuk Venezuela

Jakarta, CNN Indonesia -- Brasil bekerja sama dengan Amerika Serikat untuk memobilisasi bantuan kemanusiaan bagi Venezuela yang tengah dilanda krisis.

"Pemerintah Brasil memobilisasi satuan tugas untuk memberikan logistik bantuan kemanusiaan bagi rakyat Venezuela mulai 23 Februari," ujar juru bicara kepresidenan Brasil, Otacio de Rego Barros, Selasa (19/2).

Barros kemudian menjabarkan strategi mereka agar bantuan tersebut tetap dapat masuk ke Venezuela meski Presiden Nicolas Maduro menutup perbatasan.

"Bantuan yang terdiri dari makanan dan obat-obatan akan disiagakan di wilayah Brasil (yang berbatasan dengan Venezuela) dan kemudian akan diambil presiden interim Juan Guaido dengan truk-truk yang dikendarai oleh warga Venezuela," tuturnya, sebagaimana dikutip AFP.

Ia mengatakan bahwa pengiriman bantuan ini dilakukan dengan koordinasi langsung dengan pihak AS.

AS sendiri sudah mengirimkan bantuan untuk Venezuela yang hingga kini masih tertahan di perbatasan Kolombia karena diblokade Maduro.

Maduro, yang masih memegang sumpah sebagai Presiden Venezuela, menolak bantuan AS itu karena menganggapnya sebagai "pertunjukan politik."

Selama ini, AS memberikan dukungan bagi Juan Guaido, pemimpin oposisi yang mendeklarasikan diri sebagai pemimpin interim Venezuela di tengah demonstrasi anti-Maduro pada Januari lalu.

[Gambas:Video CNN]

Guaido mengatakan bahwa ada sekitar 300 ribu warga Venezuela terancam meninggal akibat krisis ekonomi di negaranya yang sedang mengalami hiperinflasi.

Ia juga sudah memperingatkan militer, yang masih setia kepada Maduro, agar tidak memblokade bantuan kemanusiaan. Ia menyebut pemblokiran akses bantuan kemanusiaan ini "hampir seperti genosida." (has)

Let's block ads! (Why?)


https://ift.tt/2IqQ6qy
February 21, 2019 at 12:33AM from CNN Indonesia https://ift.tt/2IqQ6qy
via IFTTT

No comments:

Post a Comment