Pages

Wednesday, February 20, 2019

Erick Thohir Mengaku Tak Dapat Restu Keluarga Jadi Ketua PSSI

Jakarta, CNN Indonesia -- Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Capres-Cawapres nomor urut 01, Erick Thohir, angkat bicara soal kemungkinannya untuk masuk bursa calon Ketua Umum PSSI di Kongres Luar Biasa (KLB).

Nama Erick menjadi salah satu nama calon Ketua Umum PSSI setelah Anggota Komite Eksekutif (Exco) memastikan Kongres Luar Biasa (KLB) akan digelar menyusul Plt Ketua Umum Joko Driyono ditetapkan sebagai tersangka.

Erick tidak memberikan jawaban tegas mengenai posisinya sebagai calon Ketua PSSI. Namun, mantan Presiden Inter Milan itu memberi isyarat tidak tertarik memimpin PSSI.

"Ya jawabannya sudah ada. Saya jawab konsisten bahwa saya ada tugas sampai April dan kasihan sekali kalau sepak bola terus ditunggangi kepentingan politik. Dan pertanyaannya, apakah siap industri sepak bola juga diprofesionalkan dan ditransparansikan? Itu jawaban saya," kata Erick, Rabu (20/2).

Erick Thohir mendapat dukungan menjadi calon Ketua Umum PSSI.Erick Thohir mendapat dukungan menjadi calon Ketua Umum PSSI. (CNN Indonesia/Priska Sari Pratiwi)
Erick kemudian membenarkan kabar tidak mendapat dukungan keluarga menjadi Ketua PSSI. Kabar itu sebelumnya diungkapkan manajer Persib Bandung Umuh Muchtar. Erick mengaku bisa memahami sikap keluarganya yang tidak memberikan dukungan.

"Sudah hampir tiga tahun dari mulai Asian Games dan kebetulan sekarang jadi Ketua TKN, benar-benar saya curahkan untuk kepentingan negara. Tentu ada ada rasa kangen ke dunia usaha, ya memang kan garisnya itu. Jadi tentu sah-sah saja kalau keluarga saya, dalam arti yang positif, tentu kangenlah sama bapaknya," ucap Erick.

Soal sosok yang disebut pantas untuk menjadi seorang Ketua PSSI, Erick enggan menyebutkan nama secara spesifik. Pria yang menjabat Wakil Komisaris Persib itu lebih menyoroti kesolidan para anggota Exco PSSI. Erick beranggapan siapapun pun Ketua PSSI yang akan terpilih, kalau Exco terpecah-pecah, tidak mungkin PSSI bisa berjalan dengan baik.

Erick Thohir memahami sikap keluarganya.Erick Thohir memahami sikap keluarganya. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
"Kalau Exco masing-masing punya kemauan sangat sulit sebagus apa pun ketua PSSI bisa menjalankan rencana kerjanya dengan baik. [Saya] tidak bisa [sebutkan nama]. Memang kalau dari keputusan KLB baru dilihat siapa dulu nama-namanya yang masuk. Tapi, tetap kalau bisa yang bebas dari politik, karena harus dijalankan profesional," ucap Erick.

Sebelumnya Erick pernah menyatakan ketertarikan untuk memperbaiki liga sepak bola di Indonesia. Kemungkinan itu terbuka lebar setelah tiga petinggi di jajaran Direksi di PT. Liga Indonesia Baru (LIB) memilih mengundurkan diri, yakni Direktur Utama Berlinton Siahaan, serta Glenn Sugita dan Rambun Cahyo sebagai Komisaris. Namun, Erick mengatakan liga tidak bisa diperbaiki tanpa adanya kepemimpinan PSSI yang hari ini sedang gonjang-ganjing.

"Makanya dari awal ketika ditanya bagaimana KLB saya bilang no comment. Silakan saja KLB dulu. Kalau memang kita dianggap profesional, rekam jejaknya dianggap profesional, ya boleh kita bicarakan. Tapi, bukan pada saat-saat seperti ini baru kita masuk," ujar Erick.

"Yang namanya mengelola liga itu paling tidak perlu waktu tiga tahun untuk perbaikan, tidak mungkin cuma satu tahun. Butuh tiga tahun, terus habis tiga tahun mulai stabil. Baru tahun ketujuh, delapan, sembilan, sepuluh baru terlihat ledakannya," ucap Erick. (TTF/ptr)

Let's block ads! (Why?)


https://ift.tt/2BU1BBt
February 20, 2019 at 11:59PM from CNN Indonesia https://ift.tt/2BU1BBt
via IFTTT

No comments:

Post a Comment