Pages

Wednesday, February 20, 2019

Sambut Putra Mahkota Saudi, PM India Langgar Protokol

Jakarta, CNN Indonesia -- Perdana Menteri India, Narendra Modi, menyambut langsung kedatangan Putra Mahkota Arab Saudi, Pangeran Mohammed bin Salman (MbS), di bandara pada Rabu (20/2). Meski menggambarkan keramahan seorang pemimpin negara, keputusan Modi itu ternyata melanggar protokol kenegaraan.

Berdasarkan aturan, biasanya seorang perdana menteri atau pemimpin negara menyambut langsung kedatangan tamu kenegaraan yang setingkat jabatannya. Sedangkan MbS belum bisa secara resmi menjabat sebagai pemimpin Saudi, meski kerap disebut sebagai pemimpin de facto negara kerajaan itu.

"Melanggar protokol, Perdana Menteri @narendramodi secara personal menyambut kedatangan Pangeran MbS, Putra Mahkota Saudi di India dalam lawatan bilateral perdananya," ucap juru bicara Menteri Luar Negeri India, Raveesh Kumar, melalui kicauannya di Twitter.

Dalam kicauannya itu, Kumar turut mengunggah foto yang memperlihatkan Modi dan MbS saling berjabat tangan dan tertawa. Tampaknya, momen itu diambil ketika MbS turun dari pesawat kenegaraannya.

Meski dinilai melanggar protokoler, sambutan Modi itu dinilai membuka babak baru relasi India dan Saudi.

Saudi merupakan pemasok utama minyak mentah bagi India. Belakangan, kedua negara juga terus memperluas kerja sama dalam bidang energi terbarukan.

Kementerian Luar Negeri India mengatakan kedua negara juga telah sepakat meningkatkan kerja sama menjadi kemitraan strategis.

Dikutip Reuters, seorang pejabat India mengatakan selama berada di New Delhi, MbS diharapkan akan menyetujui penanaman modal di sejumlah sektor termasuk infrastruktur nasional demi membantu percepatan pembangunan pelabuhan dan jalan raya.

Sementara itu, MbS juga menyambut baik penguatan relasi antara Saudi dengan India.

"Hari ini kami ingin memastikan bahwa hubungan baik ini dipertahankan dan ditingkatkan demi kedua negara. Dengan kepemimpinan kedua negara, saya yakin kita dapat menciptakan hal-hal baik bagi Saudi dan India," papar MbS singkat sebelum menghadiri pertemuan dengan para petinggi India.

Sebelum melawat ke India, MbS telah lebih dulu berkunjung ke Pakistan. Selama dua hari di Islamabad, MbS sepakat menggelontorkan investasi sebanyak US$20 miliar atau Rp282 triliun bagi Pakistan.

Setelah dari India, tur perdana MbS ke Asia akan ditutup di China.

Sebelumnya, Wakil Perdana Menteri sekaligus Menteri Pertahanan Saudi itu juga dijadwalkan akan melawat Malaysia dan Indonesia. Namun, pemerintah Saudi mengumumkan lawatan MbS ke dua negara Asia Tenggara itu ditunda tanpa penjelasan lebih lanjut. (rds/ayp)

Let's block ads! (Why?)


https://ift.tt/2V6G8Mw
February 21, 2019 at 02:02AM from CNN Indonesia https://ift.tt/2V6G8Mw
via IFTTT

No comments:

Post a Comment